Bekali Keterampilan Anak Muda, Diskarpus Paser Bikin Pelatihan Fotografi Pakai Ponsel

  • Staf Dinas Kearsipan dan Layanan
  • 14 August 2023
  • 142 Views
Bekali Keterampilan Anak Muda, Diskarpus Paser Bikin Pelatihan Fotografi Pakai Ponsel
Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Paser Yusuf Sumako (niaga.asia/M Luthfi)

PASER.NIAGA.ASIA — Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Kabupaten Paser menggelar pelatihan Smart Pone Photography (Fotografi Menggunakan Ponsel) untuk kalangan umum, termasuk peserta usia 15 tahun. Pelatihan itu guna meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Kabupaten Paser, yang sangat mempengaruhi percepatan pembangunan.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Paser Yusuf Sumako menyampaikan, pelatihan Smart Phone Photography itu dilakukan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan literasi masyarakat.

“Pelatihan ini termasuk Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial, untuk mengembangkan literasi di Kabupaten Paser,” kata Yusuf Sumako, Minggu 6 Agustus 2023.

Menurutnya, literasi memiliki makna yang mencakup kemampuan individu dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung (Calistung) dan memecahkan masalah dalam kehidupan sehari – hari. Serta pada setiap bacaan, haruslah mampu diwujudkan hingga menjadi suatu bentuk barang dan jasa.

Kegiatan pelatihan Smart Phone Photography yang digelar Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Paser pada 5- 6 Agustus 2023 (niaga.asia/M Luthfi)

 

“Literasi itu bukan hanya Calistung, tetapi apa yang dibaca dan diketahui harus diwujudkan sampai menghasilkan produk berupa barang dan jasa,” ujar Yusuf Sumako.

Yusuf Sumako bilang, saat ini Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Paser, juga melaksanakan berbagai kegiatan pengembangan untuk meningkatkan minat baca masyarakat. Termasuk juga pada pada pelaksanaan kegiatan pelatihan, yang dapat memberikan bekal kepada pemuda di Kabupaten Paser untuk masuk ke dunia kerja.

“Beberapa kegiatan yang kami laksanakan, bertujuan untuk meningkatkan minat baca masyarakat, sekaligus juga melalui program pelatihan, guna membekali remaja untuk memasuki dunia kerja. Baik formal maupun pekerjaan di lembaga non formal,” demikian Yusuf Sumako.

 

Via: https://www.niaga.asia/

Luthfi, Muhammad. (2013, Agustus 6). "Bekali Keterampilan Anak Muda, Diskarpus Paser Bikin Pelatihan Fotografi Pakai Ponsel". Diakses dari https://www.niaga.asia/bekali-keterampilan-anak-muda-diskarpus-paser-bikin-pelatihan-fotografi-pakai-ponsel/

Related Posts

Comments (0)

There are no comments yet

Leave a Comment