Diskarpus Paser Bakal MOU Dengan Sineas Paser

  • Staf Dinas Kearsipan dan Layanan
  • 23 August 2023
  • 136 Views
Diskarpus Paser Bakal MOU Dengan Sineas Paser
Kepala Diskarpus Paser Yusuf Sumako (Muhammad Luthfi/Niaga.Asia)

PASER.NIAGA.ASIA – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Paser bakal melakukan Memorandum of Understanding (MOU) atau nota kesepahaman dengan sejumlah pegiat Sineas di Kabupaten Paser.

Sineas  merupakan istilah umum yang merujuk kepada seseorang yang memiliki keahlian tentang cara dan teknik pembuatan film. Tentu MOU ini merupakan langkah Diskarpus Paser untuk meningkatkan literasi masyarakat melalui sektor perfilman.

Kepala Diskarpus Paser Yusuf Sumako mengatakan, literasi bukan hanya sekedar baca, tulis, dan hitung (calistung). Literasi itu memiliki makna yang sangat luas, termasuk literasi perfilman.

“Perfilman itu termasuk literasi. Jadi untuk memaksimalkan peningkatan literasi masyarakat, kami akan melakukan MOU dengan pegiat Senias Paser,” kata Yusuf Sumako, Senin (21/8).

Dalam hal ini juga, Yusuf Sumako bermaksud untuk menyalurkan minat anak muda tentang perfilman. Juga untuk memaksimalkan fungsi fasilitas studio yang ada di Kantor Diskarpus Paser.

“Maksudnya forum Sineas yang melakukan pelatihan pembuatan film, nanti studio tempat pemutaran filmnya,” ujar Yusuf Sumako.

 

Kegiatan Temu Sineass yang dilakukan oleh Forum Sineas Paser di Kantor Diskarpus Paser pada Minggu (20/8) sekitar pukul 14.00 WITA. (Muhammad Luthfi/Niaga.Asia)

 

Sementara itu, Ketua Forum Sineas Paser Nor Ferry Irawan mengatakan, menjelang MOU dengan Diskarpus Paser, Forum Sineas Paser memulai dengan melakukan kegiatan Temu Sineas di Kantor Diskarpus Paser pada Minggu (20/8) sekitar pukul 14.00 WITA.

“Kami melaksanakan Temu Senias di Kantor Diskarpus Paser untuk membahas program Sineas Paser selanjutnya. Ini juga sebagai wadah untuk menjalin silaturahmi,” ucapnya.

Senias Paser nantinya, bakal lebih sering melakukan kegiatan dan menggunakan studio di Kantor Diskarpus Paser. Hal itu ditujukan untuk meningkatkan literasi perfilman masyarakat.

“Agar masyarakat mampu untuk mengidentifikasi tipe-tipe film yang berbeda dan memahami pesan yang disampaikan dalam film tersebut,” tutupnya.

 

Via: https://www.niaga.asia/

Luthfi, Muhammad. (2013, Agustus 21). "Diskarpus Paser Bakal MOU Dengan Sineas Paser". Diakses dari: https://www.niaga.asia/diskarpus-paser-bakal-mou-dengan-sineas-paser/

Related Posts

Comments (0)

There are no comments yet

Leave a Comment