Dinas  Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Kabupaten Paser melakukan Survei Tingkat Kegemaran Membaca (TGM) Masyarakat Kabupaten Paser 2023.

  • Staf Dinas Kearsipan dan Layanan
  • 01 December 2023
  • 96 Views
Dinas  Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Kabupaten Paser melakukan Survei Tingkat Kegemaran Membaca (TGM) Masyarakat Kabupaten Paser 2023.
Kegiatan Pengukuran Indikator Kinerja Kunci (IKK) Urusan Pemerintahan Bidang Perpustakaan Oleh Dikarpuspaser

Paser - Untuk mengetahui dampak perpustakaan maupun penyedia bahan bacaan lainnya dalam meningkatkan kegemaran membaca masyarakat. maka pada tanggal 27 November sampai dengan tanggal 10 Desember 2023 ini Pustakawan dan Staf pengelola di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Paser, perlu melakukan Kegiatan , yang salah satunya yaitu: Nilai Tingkat Kegemaran Membaca (TGM).
Nilai kegemaran membaca masyarakat adalah tingkat perilaku atau kebiasaan masyarakat dalam memperoleh pengetahuan dan informasi dari berbagai bentuk media yang dapat dilakukan secara mandiri oleh pemerintah daerah dalam jangka waktu tertentu. Metodologi yang digunakan adalah metode survei dengan pengukuran dimensi utama adalah : Frekuensi membaca, Durasi membaca dan Jumlah buku yang dibaca.

  Karena itu diharapkan masyarakat di Kabupaten Paser dapat berpartisipasi dan mau mengisi questioner secara manual dan secara digital melalui google form yang dilakukan oleh petugas sekitar 400 Responden secara sampel di 10 kecamatan secara acak dengan criteria status pekerjaan dari Pelajar (SD,SMP, SMA), Mahasiswa, Pegawai Negeri (dinas/opd) dan pegawai swasta, Pengusaha, pegawai BUMN (PLN,PDAM,Bank), Tentara / polisi, dosen/guru, Buruh     ( penjaga toko dan pembantu rumah tangga,buruh sawit), dan Petani /Nelayan serta profesi lainnya.
  Diharapkan dengan adanya Pengukuran Tingkat Kegemaran Membaca (TGM) ini yang akan dicapai dalam survei sebagai bahan untuk menetapkan kebijakan dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik dan perbaikan berkelanjutan. Bagi masyarakat, hasil Survei Tingkat Kegemaran Membaca ini dapat digunakan sebagai gambaran tentang kondisi masyarakat terkait kegemaran membaca.

Related Posts

Comments (0)

There are no comments yet

Leave a Comment