Tour Library Kalimantan Timur 2023, Promosi dan Kampanye Budaya Baca dan Literasi Masyarakat

  • Staf Dinas Kearsipan dan Layanan
  • 05 December 2023
  • 153 Views
Tour Library Kalimantan Timur 2023, Promosi dan Kampanye Budaya Baca dan Literasi Masyarakat

Kegiatan Tour Library Kalimantan Timur 2023 yang dilaksanakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Timur, Paser, berlangsung dengan meriah dan lancar. Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan minat baca dan literasi masyarakat di daerah Kota Samarinda, Kota Bontang, Kabupaten Kutai Timur dan Kabupaten Berau.

Kegiatan ini diikuti oleh pejabat fungsional pustakawan dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Paser, yaitu Chaidir Rutani (Pustakawan Ahli Muda), serta peserta lainnya dari dinas luar, seperti Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Samarinda, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Bontang, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kutai Timur, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Berau, dan lain-lain.

Salah satu kegiatan yang menarik perhatian adalah konvoi kendaraan perpustakaan keliling sebanyak 11 unit yang merupakan mobil dari Kabupaten/Kota se-Kalimantan Timur. Konvoi ini dimulai dari titik kumpul area parkir stadion Sempaja dan dilanjutkan ke Bontang, Kutai Timur dan Berau. Pemerintah Kabupaten Paser mendukung dan membantu kegiatan ini dengan mengirim 1 (satu) unit mobil perpustakaan keliling dengan 3 orang petugas layanan.

Selain itu, kegiatan ini juga menyelenggarakan berbagai acara yang menarik dan edukatif, seperti membaca dan mendongeng bareng 1000 (seribu) anak SD/MI, talk show "Membaca dan Menulis Membuat Kita Sehat", dan kelas menulis "Kecil-Kecil Punya Karya". Acara-acara ini menghadirkan narasumber-narasumber yang kompeten dan inspiratif, seperti Bunda Fitri (ketua Kampung Dongeng Kaltim), Kak Heru (Pendongeng Nasional), Fery Curtis (Musisi dan pencipta lagu bernuansa Literasi), dr. Rinttas Tasya (dokter dan penulis buku), Dr. Sudarman (Penulis dan Dosen), Safrudin Pernyata (Novelis dan sastrawan Kaltim), dan Tim Mizan.

Kegiatan Tour Library Kalimantan Timur 2023 adalah promosi dan kampanye dalam rangka mengembangkan minat baca dan merupakan ajang untuk melakukan kampanye budaya baca dan literasi masyarakat sekaligus sebagai wahana untuk mengedukasi masyarakat dalam rangka mewujudkan masyarakat gemar membaca dan belajar. Kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kerjasama dan sinergi antara dinas perpustakaan dan kearsipan di tingkat provinsi dan kabupaten/kota.

Related Posts

Comments (0)

There are no comments yet

Leave a Comment