Kegiatan mendongeng kembali digalakkan di Kabupaten Paser

  • Staf Dinas Kearsipan dan Layanan
  • 15 September 2023
  • 148 Views
Kegiatan mendongeng kembali digalakkan di Kabupaten Paser
Diakses dari: https://mediacenter.paserkab.go.id/berita/pendidikan/kegiatan-mendongeng-kembali-digalakkan-di-kabupaten-paser/

Tana Paser – Ketua Kampung Dongeng Paser Kasrani  menyampaikan  Dongeng Minggu Pagi Ceria  kembali rutin dilaksanakan  di CFD,  Alhamdulillah  banyak anak dan orang tuanya  yang tetap antusias mendengarkan dongeng.

“Kita siapkan juga  buku-buku dongeng   buat anak-anak agar tertarik datang dan duduk dan juga kita beri kesempatan kepada orang tua untuk membacakan buku cerita kepada anaknya,” kata Kasrani, Minggu (9/9/2023).

Kasrani menyebut dongeng adalah sarana peningkatan karakter anak, belajar memahami, mendengar, dan mengingat pesan-pesan moral yang diselipkan dalam tiap cerita. Anak usia dini jadi target Kampung Dongeng Paser dalam acara bertema Dongeng Minggu Pagi Ceria itu.  Kami juga memberikan sosialisasi pentingnya meningkatkan minat baca  kepada pengunjung CFD.

Kasrani berterima kasih kepada Relawan  yang baru bergabung di Kampung Dongeng Paser, dan kami menunggu relaan-reawan baru  selanjutnya, agar kegiatan Dongeng Minggu Ceria ini bisa dilaksanakan di setiap Kecamatan se Kabupaten Paser.  

Salah satu orang tua anak, Erna  menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat menarik dan harus diikuti anak usia dini. Menurutnya banyak anak zaman sekarang yang enggan mendengarkan dongeng, karena telah candu dengan gadget. Saya mengajak para orang tua  meluangkan waktu membawa anaknya  mendengarkan  Dongeng Minggu Ceria di CFD setiap minggu.  ini menjadi kegiatan edukasi anak kita.

Kasrani menambahkan  “anak usia dini itu adalah peniru ulung. Sehingga akan cepat meniru apa yang dilihat, dirasakan dan didengar dari lingkungannya. Masa usia dini anak adalah masa yang tepat untuk memberikan pendidikan yang membantu mengembangkan perilaku positif anak, Dongeng ini dapat menanamkan nilai-nilai moral, dan nilai-nilai karakter pada  anak. Sehingga anak nantinya akan tumbuh dan berkembang dengan kepribadian dan akhlak yang terpuji,” Ujarnya.

Kasrani mengajak masyarakat  untuk bersama-sama menyukseskan Gerakan Pembudayaan Membaca melalui dongeng, dengan bersama-sama membiasakan  mendongeng atau membacakan buku cerita kepada anak, Insya Allah dengan sering kita lakukan akan meningkatkan minat baca anak-anak kita dan kelak mereka akan menjadi generasi literat di masa yang akan datang. ujarnya.

Pewarta: Hutja, Editor: Ropi’i


Via: https://mediacenter.paserkab.go.id/

Hutja. Ropi’i. (2013, September 12). "Kegiatan mendongeng kembali digalakkan di Kabupaten Paser". Diakses dari: https://mediacenter.paserkab.go.id/berita/pendidikan/kegiatan-mendongeng-kembali-digalakkan-di-kabupaten-paser/

Related Posts

Comments (0)

There are no comments yet

Leave a Comment