Perpusda Paser Wakili Kaltim Shooting video dokumentasi dampak Program TPBIS di Indonesia.

  • Staf Dinas Kearsipan dan Layanan
  • 07 August 2022
  • 356 Views

Perpustakaan Umum Daerah pada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Paser masuk dalam program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS)  tahun 2022 yang diluncurkan oleh Perpustakaan Nasional (Perpusnas).

Transformasi Perpustakaan Berbasis inklusi Sosial tersebut merupakan Program Prioritas Nasional dalam RPJMN 2020 – 2024 yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia melalui peningkatan kemampuan literasi.

Program tersebut melibatkan 136 Perpustakaan Kabupaten/Kota dan 96 perpustakaan  Desa di 34 provinsi.

Setrategi Transformasi Perpustakaan ini hadir sebagai penyedia layanan yang membuka akses masyarakat pada pengetahuan. Dengan Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial mendorong perpustakaan untuk menjadi sarana reproduksi pengetahuan ke dalam aksi nyata yang menyejahterakan.

Untuk melihat perubahan di masyarakat dampak dari terselenggaranya Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial ini, maka Perpusnas menyeleksi Lomba Cerita dampak dari perpustakaan Kabupaten/Kota se Indonesia dari program TPBIS tersebut.

Adapun Kriteria pemilihan cerita :

·   Kegiatan sudah berjalan berdasarkan jumlah dan variasi kegiatan

·   Ada unsur inovasi, kelokalan , unik.

·   Ada perlibatan masyarakat dari kegiatan ekonomi, pendidikan, kesehatan, budaya dan tehnologi informasi Komunikasi (TIK) yang berdampak pada keluarga/lingkungan.

Related Posts

Comments (0)

There are no comments yet

Leave a Comment